Photography

Fotografer Ini Ungkap Cara Jitu Bangun Personal Branding

Foto: Inkana Putri

Jakarta – Profesi fotografer saat ini semakin nampaknya semakin diminati oleh masyarakat, khususnya milenial. Namun, untuk menjadi seorang fotografer profesional tentunya membutuhkan proses.
Salah satu fotografer andal Indonesia, Glenn Prasetya menyampaikan bahwa personal branding menjadi salah satu hal penting dalam berkarier sebagai fotografer. Adapun untuk membantu hal tersebut memerlukan karakter yang kuat

“Emang penting banget untuk ngebangun self image atau personal branding untuk karir kita mau seperti apa. Tapi diperlukan dulu karakter, style-nya seperti apa. Semua kita yang menentukan,” ujarnya dalam acara BNI Creativepreneur Conference 2021

Untuk mendapatkan karakter tersebut, Glenn mengatakan seorang fotografer harus memulai dari karyanya terlebih dahulu. Adapun karya tersebut perlu berbeda dari karya lainnya.

“Kalau untuk personal branding itu mungkin harus start dari karya, yang harus beda dan spesial. Jadi, jangan kasih apa yang orang biasa liat. Itu penting banget mengulik kreativitas, baik dari secara teknis maupun ide,” katanya.

Menurutnya, dengan menampilkan karya berbeda akan membuat orang tertarik. Pasalnya, selama ini banyak orang di media sosial yang hanya asal melihat karya foto.

“Jika kita menampilkan karya kita berbeda otomatis orang akan liat. Orang liat di Instagram, scroll scroll scroll liat terus lewat. Gimana caranya pada saat orang scroll Instagram, dia berhenti liat karyamu. Otomatis karyamu harus berbeda. Itu tentunya perlu lewat pembelajaran dan nggak akan bisa instan,” jelasnya.

Sementara itu, fotografer perempuan ternama di Indonesia, Nicoline Patricia Malina menjelaskan rasa keingintahuan juga perlu dimiliki untuk menciptakan personal branding. Dengan mempelajari banyak hal maka seorang fotografer akan lebih memahami seluk beluk dunia fotografi.

“Selain dengan karya mungkin dengan rasa curiosity yang tinggi dan rasa ingin belajar terus karena sebagai visual artist kadang kita ngerasa udah nih kayaknya karya gue udah cukup oke nggak perlu belajar lagi,” katanya.

Nicole juga mengatakan disiplin dan kerja sama tim yang baik juga menjadi penunjang lain dalam personal branding. Menurutnya, keduanya akan dapat membantu seorang fotografer menciptakan karya yang maksimal sehingga disukai banyak orang, termasuk klien.

“Kita juga harus punya disiplin karena ini bukan sebuah profesi yang oh seru ya cuma foto doang bisa dapet duit. Padahal ini adalah sebuah profesi yang butuh kedisiplinan karena kita bisa aja dikasih konsep lighting yang sebenarnya kita nggak mengerti tapi harus kita bisa jalankan dengan maksimal,” katanya.

“Menjadi fotografer komersial, advertising, atau fashion dibutuhkan kemampuan kerja sama dengan tim. Kita harus bisa merangkul semua suara, menyamakan visi dan menjadikannya sebuah karya dua dimensi yang bisa bisa menyampaikan pesan seluruh anggota tim termasuk lain dengan efektif,” pungkasnya.

Leave a Reply